Sunday, June 22, 2014

Pendekatan Australia Terkait Great Barrier Reef Dinilai Keliru






Mantan perwakilan Australia di PBB Dr. Alison Broinowski mempertanyakan pendekatan Australia dalam melindungi Great Barrier Reef (GBR) di lepas pantai Queensland.


Menurut Dr. Broinowski, Australia mengambil sikap keliru terhadap perlindungan taman terumbu karang tersebut.


Komisi Warisan Dunia UNESCO telah mengancam akan memasukkan GBR ke dalam daftar sebagai 'dalam bahaya' sehubungan dengan rencana perluasan pelabuhan besar-besaran di Queensland Tengah.


Dr Alison Broinowski mengatakan, perpanjangan 12 bulan bukanlah suatu dukungan.


"UNESCO mengetahui betul apa yang akan terjadi -- apa yang sedang terjadi di Gladstone, bahwa Taman Terumbu Karang itu telah menjadi rusak," ujarnya.


Dr Broinowski, yang tidak berhasil mencalonkan diri untuk kursi Senat tahun 2013 lalu dengan kelompok Wikileaks, mengatakan komisi itu bukan forum yang tepat bagi Australia untuk membela diri.


"Ini bukan suatu masalah mencoba untuk menyesuaikan sikap dengan masyarakat internasional, tapi ini adalah saran ahli yang terbentuk bertahun-tahun dari badan yang berpengalaman," tambahnya.


Dikatakannya, Australia seharusnya tidak masuk dalam daftar tersebut dan mencabut persetujuan pengerukan di Abbot Point, dekat Bowen di utara Queensland tersebut.






0 comments:

Post a Comment