Wednesday, January 28, 2015

Mahasiswa Australia Blusukan ke Kawasan Banjir di Jakarta






Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta bekerjasama dengan Universitas Wollongong, Australia, dan Twitter meluncurkan PetaJakarta.org. Sejumlah mahasiswa Australia terlibat dalam proyek ini, bahkan mereka sempat blususkan ke daerah banjir dan berbicara dengan penduduk setempat.


“Korban banjir di Jakarta benar-benar tangguh, sungguh menakjubkan melihat kekompakan di antara warga dalam melewati bencana banjir,” cerita Tim Norris, mahasiswa jurusan teknik sipil Universitas Wollongong (UoW) yang terlibat dalam ‘Peta Jakarta’.


Selain Tim, Matt Ellis, mahasiswa jurusan teknik lingkungan UoW, juga mengaku terkesan dengan realita yang dilihatnya ketika blusukan ke daerah banjir.


“Saat kita pertama kali sampai di sana, banjir masih selutut, tiba-tiba dalam waktu yang begitu cepat banjir semakin tinggi,” tuturnya kepada Nurina Savitri dari ABC, Rabu (28/1/2015).


Dari kiri ke kanan: Chelsea Flood, Samuel Knott, Tim Norris, Mitchel Calley, Nathan Brown, Breah Heinrich, Vivian Pham, Jess Fitt, Vanessa Davis, Matt Ellis. (Foto: Nurina Savitri)


Lain lagi cerita Vanessa Davis yang turut andil dalam proyek ini.


“Saya suka memotret manusia, terutama yang ada di pedalaman. Sangat menarik untuk mendengar cerita personal dari banjir. Buat saya, ini pengalaman yang menyadarkan, melihat orang mengalami bencana seperti itu dan harus bertahan seperti itu,” ungkap mahasiswi jurusan desain grafis ini.





Halaman12345




0 comments:

Post a Comment