Thursday, January 29, 2015

Colleen McCullough, penulis The Thorn Birds, meninggal




Penulis terkenal Australia, Colleen McCullough, yang novel larisnya The Thorn Birds dijadikan serial TV meninggal pada usia 77 tahun.


Novelis itu meninggal di rumah sakit di Norfolk Island, Laut Pasifik, pada Kamis (29/01) sore waktu setempat, seperti dipastikan penerbit HarperCollins Australia.


McCullough sakit dalam beberapa tahun terakhir hingga kehilangan penglihatan dan menderita radang sendi yang membuatnya lumpuh.


Meskipun demikian dia terus menulis dengan mendikte kepada orang lain yang menuliskannya.


Shona Martyn dari Harper Collins Australia memuji McCullough dengan mengatakannya sebagai satu dari beberapa penulis Australia pertama yang berhasil di dunia.


"Selalu cerdas dan terus terang, kami selalu menunggu-nunggu kunjungannya dari Norfolk Island dan kedatangan naskah baru, yang dikirim dalam bentuk kertas dalam kotak merah hati bertuliskan namanya," kata Martyn.


McCullough menulis 25 novel sepanjang karirnya, dengan buku pertamanya, Tim, saat tinggal di Amerika. Novel ini kemudian dijadikan film pada tahun 1979 dibintangi Mel Gibson.


Novel keduanya The Thorn Birds yang diterbitkan pada tahun 1977 menjadi buku laris di dunia.


Buku ini bercerita tentang cinta terlarang antara seorang gadis dan pastor di Australia.


Hak cipta bukunya terjual seharga US$1,9 juta, yang tertinggi pada saat itu, dan kemudian dijadikan serial TV di tahun 1983 yang dibintangi Richard Chamberlain dan Rachel Ward.






0 comments:

Post a Comment