Thursday, January 29, 2015

Kesehatan Jantung, Hati dan Ginjal Berawal Dari Kebersihan Rongga Mulut



Kesehatan Jantung, Hati dan Ginjal Berawal Dari Kebersihan Rongga Mulut


net







TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhatian terhadap kebersihan rongga mulut masih sangat kurang. Padahal, kebersihan tubuh tercermin dari kebersihan rongga mulut seseorang.


Menggapa kebersihan rongga mulut penting? "Rongga mulut menjadi gerbang pertama masuknya segala jenis makanan sampai bakteri maupun virus ke dalam tubuh," kata Prof. Dr.drg. Melanie Sadono Djamil, MBiomed Ketua Divisi Pendidikan dan Litbang PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) di Jakarta, Kamis (29/1/2015).


Melanie yang ditemui di sela-sela Listerine Multi Protect Media Launch “A Healthy Mouth Starts with You menyebut ada lebih dari 250 jenis bakteri terdapat di dalam rongga mulut.


"Pembentukan sekumpulan bakteri diawali dari terbentuknya lapisan tipis “biofilm” yang terdiri dari lapisan anorganik dan organic protein, karbohidrat dan bakteri an-aerob. Makin ke atas bakteri aerob ikut menempel sehingga banyak bakteri pada lapisan tipis tersebut," katanya.


Keadaan tersebut jika dibiarkan tanpa diikuti kebiasaan sehat, maka kelainan rongga mulut yang dapat timbul seperti karies gigi, gusi berdarah, kerusakan jaringan penyangga gigi.


"Kondisi ini bisa mengenai organ vital seperti jantung, hati, ginjal maupun paru dapat menyertainya," katanya


Disebutkan suatu kelainan yang dapat timbul dan umumnya dapat sebagai indikator dugaan timbulnya kelainan sistemik yang menyertai, salah satunya adalah dari timbulnya bau mulut yang khas pada penderita diabetes mellitus.





Halaman12




0 comments:

Post a Comment