Saturday, May 31, 2014

Barindo Tegaskan Bersikap Netral di Pilpres 2014






TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPD Barisan Indonesia (Barindo) Jawa Timur Qodi Lamahayu membantah bahwa pihaknya sudah mendukung duet Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada pilpres 2014.



Hal tersebut diucapkan Qodi menyusul pemberitaan bahwâ dukungan Barindo kepada Prabowo-Hatta sudah dideklarasikan kemarin.



"Kami tidak mendukung satu calon pun, sesuai instruksi Ketua Umum DPP Barindo, Bapak Gita Wirjawan. Jadi kami sementara netral,"kata Qodi dalam pernyataannya, Minggu(1/6/2014).



Sementara itu, Ketua DPD Barindo Kalimantan Timur, M. Husni Fahruddin mengatakan sekitar 19-20 DPD telah menggelar pertemuan sebelum menyatakan dukungan kemarin ke Prabowo-Hatta.



DPD-DPD tersebut katanya menyampaikan sikap politik tersebut karena menafsirkan surat edaran DPP bahwa Barindo netral dan menyerahkan kepada masing-masing pengurus DPD memilih sesuai hati nurani.



"Tapi saya tidak datang. Karena mekanismenya tidak taat asas. Prabowo-Hatta juga saya pikir rugi dengan dukungan itu karena tidak semuanya mendukung, DPP juga tidak," kata Husni.



Baik Husni maupun Qodi, sama-sama menyerahkan kepada DPP Barindo langkah yang diambil atas manuver sejumlah DPD yang mendukung Prabowo-Hatta. Mereka menunggu apa reaksi dari Gita Wirjawan. "Tapi kita lihat saja apa reaksi DPP dan Pak Ketum setelah deklarasi kemarin," tambah Husni yang berharap digelar Rapimnas untuk menentukan sikap Barindo apakah netral atau mendukung salah satu pasangan.



Bahkan, Ketua DPD Barindo Sulawesi Utara, Hengky Senduk menegaskan, deklarasi kemarin itu tidak mewakili organisasi Barindo.



Hal serupa juga dikatakan Ketua DPD Barindo Kalimantan Tengah Rahmat Hamka yang menyayangkan adanya dukungan kepada duet Prabowo-Hatta. Karena DPD-DPD itu telah membawa-bawa nama organisasi dan logo Barindo dalam menyampaikan dukungan kepada pasangan yang diusung Gerindra, PAN, PKS, PPP, Golkar dan PBB tersebut.



"Ketika organisasi dan logo Barindo dibawa untuk dukung-mendukung harusnya melalui mekanisme AD/ART, jangan sepihak," ujarnya.








0 comments:

Post a Comment