Saturday, May 31, 2014

MAPEMARA UsulPerbaikan Maritim di Bawah Prabowo-Hatta



MAPEMARA UsulPerbaikan Maritim di Bawah Prabowo-Hatta


TRIBUNNEWS.COM/RANDA RINALDI





Laporan wartawan Tribunnews.com, Randa Rinaldi



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Lemahnya dunia maritim Indonesia sekarang ini membuat Masyarakat Pesisir dan Maritim Nusantara tergerak untuk memperbaiki masalah tersebut (31/5/2014).



MAPEMARA merasa perlu untuk menyampaikan usulan ini ke pasangan presiden Indonesia terpilih nantinya. Melalui Deklarasi dukungan pada pasangan Prabowo-Hatta mereka sistem kemaritiman Indonesia dibenahi.



Besarnya potensi maritim di Indonesia, MAPEMARA membutuhkan perubahan dalam dengan membentuk maritim yang kuat. Ketua harian MAPEMARA meminta Prabowo-Hatta untuk bisa memperbaiki sistem tersebut.



Menurut Ahli Kelautan Indonesia, Eka Djunarsjah, konsep kelautan di Indonesia harus dirubah melalui empat faktor. Pertama memperkuat daerah maritim Indonesia dengan kapal dan angkatan yang memadai.



"Saat ini daerah maritim kita sangat lemah sehingga banyak terjadi pencurian ikan, daerah teritorial, dan perdagangan ilegal,"ujarnya di Rumah Polonia, Jakarta Timur.



Dosen Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB ini juga perlu mendirikan daerah penyangga di daerah maritim dengan membuat pelabuhan. Dengan adanya sarana dan prasarana yang mendukung bisa meningkatkan kualitas dunia maritim Indonesia.



Selain itu, dia juga menyampaikan pentingnya megoptimalkan Sumber Daya Alam Manusia terutama dalam bidang kelautan. Keempat perlu dibutuhkan suatu pemimpin yang tegas dalam mengambil dan menentukan sikap untuk menjamin daerah maritim Indonesia.









0 comments:

Post a Comment