Wednesday, May 7, 2014

Koran Sydney Morning Herald PHK Puluhan Wartawannya






Karyawan kelompok media Fairfax yang mengelola koran Sydney Morning Herald di Sydney dan The Age di Melbourne sepakat melancarkan mogok kerja selama 24 jam sebagai protes atas keputusan perusahaan memPHK 80 posisi wartawan, fotografer, dan karyawan lainnya.


Karyawan di The Age dan Sydney Morning Herald diberitahu bahwa pengurangan posisi ini sebagai bentuk "tranformasi bisnis yang berkelanjutan."


Fairfax mengatakan kontrak mereka dengan perusahaan copyediting, Pagemasters, akan segera berakhir dan saat ini "dalam proses mengkaji kerjasama dengan pihak luar'.


Akibatnya, 35 posisi editorial akan dipotong, 30 fotografer juga akan kehilangan pekerjaannya dan 15 posisi akan hilang dari divisi Life maganize. Perusahaan mengatakan, karena "setiap penataan baru akan menyerap pekerjaan copy-editing dan lay-out".


Dalam surel kepada para pegawai, managing director Australian Publishing Media, Allen Williams, mengatakan Fairfax akan mengandalkan Getty Images untuk keperluan forografinya.


"Fotografi kita membutuhkan semua platform untuk tetap berlanjut yang akan dipimpin oleh editorial, namun, banyak tugas-tugas akan difasilitasi oleh Getty photographers untuk penerbitan kita," ucapnya.


"Fairfax tetap mempertahankan hak cipta di foto-foto dan (foto-foto) itu akan menjadi hak-guna eksklusif Fairfax. Perubahan yang kami ajukan sama dengan model yang lebih progresif dan efisien yang digunakan oleh organisasi media lainnya di seluruh dunia," tambahnya.


Pengurangan akan diterapkan Desember akhir tahun ini. Pemotongan sebagai 'gangguan atas kualitas jurnalisme'


Sekretaris federal Media, Entertaintment and Arts Alliance (MEAA), Christopher Warren menyebut pemotongan ini sebagai "gangguan atas kualitas jurnalisme" di Fairfax.


Ia mengatakan pemotongan, yang setara dengan 10 persen jumlah staf, akan berdampak lebih jauh mengurangi kemampuan staf untuk bekerja


"Hal ini merupakan kehilangan yang sangat besar bagi grup (Fairfax) dalam hal keterampilan, pengalaman dan pengetahuan," tambahnya.


'Fairfax seperti tidak mampu memutuskan untuk pengaturan jenis produksi baru dan berpegang dengannya. Satu-satunya kemampuan perusahaan adalah (hanya) memotong jumlah pegawai."


Ia khawatir pemotongan ini akan menyebabkan turunya jumlah dan kualitas isi (berita).


MEAA sudah mengadakan pertemuan dengan anggotanya di Melbourne dan Sydney untuk membicarakan masalah ini.







0 comments:

Post a Comment