Saturday, August 30, 2014

Enam Pesawat Tim Jupiter TNI AU Meriahkan Independence Day Run di Monas


Enam Pesawat Tim Jupiter TNI AU Meriahkan Independence Day Run di Monas
TRIBUNNEWS.COM/Wahyu Aji







TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak enam pesawat latih KT-1 buatan Korea Selatan terbang dari Landasan Udara Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu (31/8/2014).


Pesawat tersebut tergabung dalam tim aerobatik milik TNI Angkatan Udara, Jupiters Aerobatic Team (JAT), terbang untuk memamerkan aksinya hari ini pada acara Independence Day Run.


Masih dalam rangkaian HUT Ke-69 Kemerdekaan RI, atraksi pesawat tersebut bakal disaksikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Komandan Lanud Adi Sucipto Marsekal Pertama Agus Munandar mengatakan, ada 16 manuver di udara dengan tingkat kesulitan tinggi yang digunakan untuk menghibur warga Ibu Kota Jakarta di Monumen Nasional.


"Ini sebagai bukti kepada dunia, bahwa TNI AU dan peralatanya sebagai kekuatan yang dapat diperhitungkan. Tidak hanya di regional, tapi juga dunia internasional, juga sebagai duta negara," kata Agus di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (31/8/2014).


Dirinya menjelaskan, enam pesawat terbang tersebut dikemudikan pilot handal. Di antaranya Letkol Penerbang Ferri Yunaldi, Kapten Penerbang Idam Satria, Kapten Penerbang Made Yogi, Mayor Penerbang Ary Susiono, Mayor penerbang HS Romas dan Kapten Penerbang Anwar.


Tim ini juga akan membentuk formasi aerobatik secara vertikal seperti manuver Jupiter Roll, Loop, Clover Leaf, Vulcan & Leader Benefit, Loop & Break Off, Tanggo to Diamond Loop, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back dan Loop and Boom Burst.


Sedangkan manuver Low Show dilaksanakan apabila base cloud rendah sehingga tidak memungkinkan melaksanakan vertikal manuver.


Manuver yang akan dilaksanakan meliputi Jupiter Roll, Hi “G” Turn, Vulcan & Leader Benefit Pass, Break Off, Jupiter Wheel, Tanggo to Diamond Pass, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Knife Edge, Five Card Pass, Jupiter Roll Back dan Boom Burst.







0 comments:

Post a Comment