Tuesday, August 26, 2014

PT Len Bikin Software untuk Kapal Perang






TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - PT Len Industri (Persero) kembali menjalin kerjasama dengan ?Thales Nederland untuk pembuatan perangkat lunak (software) kapal perang. Kontrak yang kedua kalinya ini akan diselesaikan dalam jangka waktu 8 bulan.


Penandatangan dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Len. Industri, Abraham Mose dan CEO Thales Nederland, Gerben Edelijn di Kantor PT Len Industri, Bandung, Selasa (26/8/2014). MoU ini merupakan pembaruan dan pengembangan MoU sebelumnya.


Menurut Abraham, Kementerian Pertahanan RI melalui program kredit ekspor melakukan pengadaan kapal kombatan jenis perusak kawal rudal (PKR) sebanyak dua kapal. Pengadaan kapal PKR untuk lebih memperkuat armada kapal tempur TNI AL, guna menjaga dan mengamankan kedaulatan wilayah perairan RI yang sangat luas.


Pemenang tender PKR adalah Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) Belanda, yang berpartner dengan perusahaan elektronika pertahanan Belanda, Thales Nederland (TNL) sebagai lead integrator sewaco (sensor, weapon, and command).


Untuk mematuhi regulasi pemerintah, sesuai UU No 16/2012 tentang industri pertahanan, yang mengharuskan adanya local content dan offset dalam setiap pengadaan alutsista dari luar negeri, maka Thales Nederland menjalin kerja sama dengan PT Len Industri (Persero) dalam pekerjaan pembuatan combat management system kapal PKR ini.


"Kerja sama ini enandakan Len telah dipercaya oleh industri pertahanan kelas dunia, seperti Thales Nederland. Selain itu, kontrak ini juga menjadikan Len mulai memasuki arena pasar global melalui kerjasama dengan industri pertahanan multinasional," kata Abraham.


Menurut Abraham, keberhasilan Len dalam kontrak pengembangan dan produksi software kapal perang tersebut, akan membuka berbagai peluang baru, baik di pasar domestik maupun pasar global, khususnya bidang naval combat management system (CMS) dan naval combat system integration (CSI).


Len mendapatkan kontrak eksport software kapar perang untuk pertama kalinya pada Oktober 2013. Kontrak pertama tersebut berupa development, production, testing and supply of software untuk CMS kapal perang PKR. (tif)







0 comments:

Post a Comment